Tips Atasi HP Yang Mulai Lemot!


Ponsel kamu sudah berasa lemot? Ada baiknya, segera hapus file-file sampah yang tersimpan menumpuk di HP kamu, bahkan biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi peringatan jika memori internal kamu hampir penuh. 

Berikut dunia gadget rangkum apa saja yang harus dilakukan dan file-file apa saja yang harus dibersihkan di HP: 
Bersihkan sampah-sampah dengan cleaner bawaan dari ponsel 
Dikarenakan sudah cukup banyak smartphone yang sudah dibekali dengan fitur cleaner atau pembersih sampah. Cukup klik aplikasi cleaner dan ponsel akan dengan sendirinya menghitung cache files, memory, residual, dan lainnya yang bisa kamu hapus lalu pilih clean up. 

Bersihkan sampah di galeri foto 
Sampah media biasanya memiliki ukuran besar terutama video dan foto. Kamu bisa menghapus dengan pergi ke file manager.

Uninstal aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan jangan lupa bersihkan menggunakan cleaner untuk menghapus residu nya. 

Hapus sampah-sampah aplikasi chatting Tanpa kamu sadari sebenarnya aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram, Instagram, Line, dan lainnya memiliki banyak cache dan file besar yang tidak penting dan sebaiknya kamu hapus cachenya saja per aplikasi. 

Gunakan aplikasi ketiga (jika hp kamu tidak memiliki aplikasi bawaan cleaner di HP kamu) 
CCleaner, SD Maid, Files by Google merupakan beberapa aplikasi ketiga yang bisa kamu instal dari playstore dan kegunaannya pun hampir sama dengan cleaner bawaan HP untuk membersihkan cache dan file tidak penting di HP. 

Dan jika dirasa masih lemot, kamu bisa memilih opsi terakhir dengan ke menu pengaturan pada hp lakukan factory reset. Dan ada baiknya sebelum melakukan factory reset data-data yang penting diamankan dahulu dengan melakukan pencadangan.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghapus  sampah pada HP. Semoga bermanfaat!

Comments