5 Penyebab Drone Tidak Stabil Saat Terbang


Drone merupakan pesawat terbang tanpa awak dilengkapi kamera dengan kecanggihannya dapat membuat foto, video dan dikendalikan dengan jarak yang cukup jauh melalui remote control. Meski begitu terkadang saat menerbangkan drone sering terjadi turun sendiri dan tidak stabil. Hal ini akan sangat berdampak pada manuver drone.

Apabila tidak segera ditangani drone dapat jatuh dan terbentur. Lalu, apa saja sih penyebab drone tidak stabil dan bisa naik turun sendiri saat terbang?

Berikut 5 penyebabnya drone tidak stabil

Faktor kondisi cuaca

Faktor yang pertama kecepatan angin di udara, selain itu kondisi cuaca yang terik membuat komponen cepat panas dan meningkatnya kinerja drone itu sendiri sehingga membuat daya cepat habis dan tak stabil. Begitupun saat kondisi berkabut, air bisa masuk ke celah-celah kecil komponen drone.

Sensor Drone yang bermasalah

Flight controller drone terdapat beberapa sensor penting seperti giroskop, barometer, akseleromete, Sensor giroskop yang pendek membuat drone terbang lebih stabil, khususnya dalam hal control dan informasi. Apabila salah satu sensor drone bermasalah, tidak bekerja dengan baik, akan membuat kinerja sensor lainnya menjadi tidak optimal untuk menjaga kestabilan drone termasuk dalam mengatur kecepatan putaran rotasi drone saat terbang diudara.

Jangkauan Transmitter

Transmitter merupakan penghubung sinyal dari controller ke pesawat drone. Kinerja transmitter akan lebih baik jika tidak ada halangan dari sekitarnya, misalnya pepohonan, gedung bertingkat, bangunan tinggi serta lainnya.

Itu berarti, semakin banyak penghalang maka transmitter menjadi tidak optimal, sinyal pun menjadi terganggu karena banyak interferensi sinyal sehingga drone tidak bisa terbang stabil.

Center Gravitiy

Posisikan dimana drone harus sejajar dalam posisi yang benar – benar tepat alias tidak terlalu miring ke sisi kiri maupun kanan saat diterbangkan.

Part yang digunakan kotor atau pernah mengalami crash

Bisa jadi karena aksesoris dan sparepart yang digunakan menyebabkan drone tidak stabil dan sering turun sendiri. Misalnya part tersebut mengalami kerusakan karena benturan atau terdapat partikel kotoran yang menempel pada komponen tertentu ini akan berpengaruh terhadap sensitivitas manuver dan pengendalian. Oleh karena itu, selalu lakukan perawatan dan pembersihan komponen drone secara berkala.

 


Comments